Senin, 17 Desember 2007

Lebaran Lagi


Tak terasa baru aja kita lewati lebaran idul fitri, sekarang sudah lebaran lagi. Tapi sekarang lebaran yang dimaksud bukan lebaran idul fitri melainkan idul adha, ada yang menyebutnya juga idul qurban bahkan ada yang menyebutnya lagi lebaran haji. terserah anda mau mengatakan apa? yang jelas sebagai seorang muslim, kita harus menyambutnya dengan suka cita sebagaimana kita menyambut idul fitri.
Kadang terbenak dalam fikiran saya, kenapa ya? ketika idul adha tiba, orang2 menyambut dan merayakannya tidak seantusias dan semangat pada idul fitri...
Hal ini bisa kita lihat, ketika seminggu menjelang idul fitri. orang2 sudah banyak yang sibuk membeli segala kebutuhan yang dirasa bagi mereka itu sangat dibutuhkan ketika idul fitri tiba. Banyak makanan ringan yang disimpan dalam toples berjajar rapi meja makan atau meja tamu kita... Lemari pakaian kita pun sudah overload dengan pakaian yang baru dibeli oleh kita... dan sebagainya.
Fenomena ini apakah terjadi ketika idul adha tiba???
jawabannya sudah bisa kita tebak, sebagai contoh di lingkungan keluarga di rumah... 3 hari menjelang idul adha tiba, tidak nampak kesibukan membeli kebutuhan bahan pokok untuk disajikan pada idul adha. akan tetapi, 1 hari menjelangnya sudah ada sih daging ayam sama ketupat mah!!!
Yang ingin saya tonjolkan, perbedaan yang begitu mencolok adalah dari antusias dan kesibukan setiap individu dalam menyambut idul adha. padahal sebetulnya, dari pengetahuan yang saya peroleh justru idul adha lah yang paling sebagai hari raya sesungguhnya bagi umat islam. coba kita ingat, dalam idul adha kita melakukan takbiran sampai 3 hari tapi idul fitri hanya diperbolehkan 1 hari.
Ya cukup sekian dari saya, tulisan diatas saya buat bukan untuk membeda-bedakan kedua hari raya tersebut, tapi saya hanya ingin mencurahkan sesuatu hal yang ada dalam benak fikiran saya yang sering saya temukan di lingkungan saya. Tak menutup kemungkinan apa yang saya tulis ini pasti berbeda jauh dengan apa yang anda temukan dilingkungan anda atau dimana saja...

Tidak ada komentar: